SMK NU I BUSTANUL ULUM

Pembentukan karakter kedisiplinan siswa-siswi SMK NU-1 BUSTANUL ULUM

Latihan PBB oleh TNI di SMK NU-1 BUSTANUL ULUM

KARAKTER disiplin dalam kamus pendidikan disebutkan bahwa discipline memiliki dua arti yaitu, 1) Tingkah laku murid yang diterima oleh guru dan hadiah atau hukuman dan atau melalui perkuatan penghargaan timbal balik dan hubungan yang saling menguntungkan. 2) Suatu bidang formal pengetahuan manusia dan yang dicari seperti geografi, biologi, teknik dan sebagainya yang secara sistematis diselidiki dan dipelajari dengan jurnal belajar sendiri, asosiasi profesional dan tidak diragukan lagi merupakan satu induk dari sub disiplin ilmu (Penggidaej, 1995:67).

Disiplin tak lain ialah peraturan tata tertib, yang dilakukan dengan tegas dan keras. Tidak saja disiplin itu menghendaki dilaksanakannya segala peraturan dengan teliti dan murni, sampai dalam hal-hal yang kecil-kecil, tak boleh menyimpang sedikitpun, tetapi disiplin menghendaki pula adanya sanksi, yakni kepastian akan keharusan dijatuhkannya hukuman kepada  siapapun, yang melanggar atau mengabaikan peraturan yang sudah ditetapkan. Pada umumnya sanksi  itu dilakukan secara keras dan mutlak, boleh ditawar (Dewantara, 1962:453).

Disiplin pada hakikatnya merupakan salah satu unsur penting dalam keseluruhan perilaku dan kehidupan baik secara individual maupun kelompok. Dengan disiplin, perilaku seseorang individu atau kelompok akan lebih serasi, selaras, dan seimbang dengan tuntutan ketentuan yang berlaku sehingga dapat menunjang terwujudnya kualitas hidup yang lebih bermakna.