SMK NU I BUSTANUL ULUM

HARAP TENANG ADA UJIAN AKHIR NASIONAL ( UNAS )

Suasana Ujian akhir nasional di SMK / MA Bustanul Ulum Tanggung Prigel berjalan dengan Tertib dan lancar.Jadwal tahun 2010 lebih cepat dari Unas yang biasanya berlangsung pertengahan April. Hal ini disebabkan Unas 2010 akan dilaksanakan 2 kali yakni terdiri dari Unas utama dan Unas ulangan.

“Siswa yang tidak lulus pada Unas utama, bisa mengulang pada Unas tahap kedua. Mereka tak perlu takut menghadapi Unas. Rencananya Unas ulangan dilaksanakan setelah pengumuman Unas utama atau tepatnya 8 minggu setelah pelaksanaan Unas utama,” terang Yunirhan.

Pelaksanaan Unas 2010 untuk tingkat SMA/MA, SMALB, dan SMK, Unas Utama digelar 22 – 26 Maret 2010 sedangkan Unas Ulangan 10 – 14 Mei 2010. Tingkat SMP/MTs dan SMPLB, Unas Utama digelar 29 Maret – 1 April 2010 sedangkan Unas Ulangan 7 – 20 Mei 2010. Untuk tingkat SD/MI Unas Utama digelar 4 – 6 Mei 2010.

Mata pelajaran yang diujikan sama seperti tahun lalu kecuali program keagamaan untuk MA. Kriteria kelulusan sama seperti tahun lalu. “Standar kelulusan tetap 5,25. Peserta didik akan mengikuti Unas di sekolah penyelenggara masing-masing dengan sistem pengawasan acak dan ada ujian ulangan. Pelaksanaanya tak jauh beda dari tahun lalu,”.Sekolah dilarang memungut biaya pelaksanaan Unas, karena semua biaya penyelenggaraan Unas SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, dan SMK sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat dan pemerintah daerah. “ .(Jazuli)