Langsung ke konten utama

Tanpa SDM Memadai, Impelementasi TIK Gagal

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang cepat, menjadikan setiap negara, termasuk Indonesia, harus siap untuk menghadapinya. Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu kunci utama dalam penguasaan teknologi. "Tanpa dukungan SDM yang memadai, maka seringkali suatu implementasi teknologi informasi menghadapi kegagalan," , peningkatan kualitas SDM di Indonesia tidak saja ditempuh melalui jalur pendidikan ataupun pelatihan, tetapi juga melalui peran komunitas profesi yang ada. "Keberadaan organisasi profesi akan memfasilitasi proses perbaikan kualitas SDM secara berkesinambungan," . Salah satu organisasi yang terkait dengan bidang TIK di Indonesia adalah Ikatan Profesi Komputer dan Informatika Indonesia (IPKIN). Organisasi nirlaba independen ini beranggotakan para profesional di bidang komputer dan informatika. Agar tujuan untuk menunjang pembangunan nasional lewat pemanfaatan dan pengembangan TIK di Indonesia bisa tercapai, IPKIN pun melakukan upaya revitalisasi dengan mengubah kepengurusan yang baru untuk periode 2010-2012. "IPKIN berupaya berperan sebagai wadah komunikasi, konsultasi dan koordinasi antar anggota," kata Made yang juga anggota bidang program IPKIN. Organisasi profesi bidang TI ini telah berdiri di Indonesia sejak tahun 1974. Awalnya dibentuk dengan nama Himpunan Pemakai Komputer Indonesia (HPKI) pada 18 April 1974, lalu kemudian pada 30 Juli 1974 dibentuk kepengurusan dan diubah menjadi Ikatan Pengguna Komputer Indonesia (IPKIN). IPKIN juga telah mengadakan sejumlah kegiatan seperti Konferensi Komputer Nasional, SEARCC Conference, SEARCC Expo, dan beberapa kajian seperti pendidikan komputer di Indonesia, kajian tentang standar kompetensi TI dan pemetaan SDM TI yang telah dipublikasikan. "Pada tahun 2010 ini diupayakan usaha revitalisasi kegiatan IPKIN yang dimulai dengan pembentukan kepengurusan baru," ujar Made. Kepengurusan baru ini merupakan kombinasi berbagai pihak dan diharapkan dapat melaksanakan beberapa program kerja mendatang dari IPKIN. Berikut adalah nama pengurus baru IPKIN periode 2010-2012 yang disahkan pada acara Serah Terima Pengurus di Auditorium Universitas Gunadarma, Depok, belum lama ini:
Dewan Pembina : Hari Sulistyono, Fritz E Simanuntak Ketua Umum : Eko K Budiardjo Wakil Ketua Umum : Indra Utoyo Sekjen I : ES Margianti Sekjen II : Bambang Gunadi Bendahara : Trini Saptariani Bidang Teknologi : Sammy Pangarepan, Kemal Prihatman Bidang Pembinaan : Zainal Hasibuan, Eri Prasetyo Wibowo Bidang Program : Loly Amalia Abdullah, I Made Wiryana Bidang Pendidikan dan Latihan : Djuharsa M.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUMUMAN HASIL NILAI AKHIR UJIAN NASIONAL Th. AJARAN 2017-2018

SELAMAT ATAS KELULUSAN SISWA SISWI SMK NU 1 BUSTANUL ULUM GLAGAH LAMONGAN,





Untuk melihat daftar nilai Jurusan TKR dan TKJ silahkan klik DISINI

Sukses Diklat Pelatihan dan Uji Kompetensi Mesin CNC Dari UPT PPK Dindik jatim

Guna meningkatkan Kompetensi Siswa,  SMK NU I BUSTANUL ULUM  mengadakan Diklat Mesin CNC dengan Instruktur langsung dari UPT PPK Dinas Pendidikan Jawa Timur.

Suatu Terobosan baru dari UPT PPK Dinas Pendidikan Jawa Timur dengan memberikan Pelayanan Pelatihan Keliling SMK. sehingga diklat pelatihan ini dapat di laksanakan di sekolah masing-masing. karena biasanya diklat dilaksanakan di kantor UPT PPK Dinas Pendidikan Jawa Timur yang terletak di komplek UNESA Surabaya .Pelatihan dilaksanakan pada tanggal  23 s/d 28 April 2018 di SMK NU I BUSTANUL ULUM.

Kegiatan ini khusus untuk Siswa SMK NU I BUSTANUL ULUM Jurusan Teknik Pemesinan kelas X dan XI. Tampak Siswa Sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini.  "Kita Patut bersyukur karena pelatihan semacam ini hanya dilaksanakan hanya 10 SMK di jawa timur" ,ujar Bpk. Ja'far Amin, ST Selaku Kepala Sekolah SMK NU I BUSTANUL ULUM Glagah Lamongan saat upacara pembukaan pelatihan.(pak jay)












PALA SMK NU 1 BUSTANUL ULUM MENAKLUKKAN GUNUNG PENANGGUNGAN

Gunung Penanggungan merupakan gunung yang berada di Kabupaten Pasuruan dan Mojokerto Jawa Timur dengan ketinggian 1653 mdpl.

Sekitar 20an Siswa SMK NU 1 BUSTANUL ULUM datang dari Lamongan menuju Gunung Penanggungan untuk mendaki dan berwisata alam . dengan di dampingi oleh Guru pembina Tanfirul Ghoyyi.

Meskipun masih pertama kali , semua siswa tampak antusias untuk menaklukkan puncak gunung tersebut. Kegiatan pecinta alam ini rencananya akan di agendakan rutin dan menjadi salah satu extrakulikuler di SMK NU 1 BUSTANUL ULUM .(Kepsek.)



Upacara Pemberakatan di lepas langsung oleh Bpk Kepala Sekolah ( Ja'far Amin,ST).