Langsung ke konten utama

Percetakan Naskah UN Dipantau Langsung dengan Kamera CCTV

Jakarta, Kemendikbud --- Proses pencetakan naskah ujian nasional (UN) dipantau setiap hari langsung dari kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan menggunakan kamera pengawas closed circuit television (cctv). Kamera-kamera tersebut dipasang sebanyak 6-9 unit di setiap percetakan.

Pada pantauan langsung melalui cctv yang dilakukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, Jumat (20/03/2015), diketahui sebanyak 87,93 persen naskah UN SMA/SMK sudah siap dikirim ke daerah masing-masing. Jumlah tersebut terdiri atas 90,98 naskah UN SMA dan 78,48 persen naskah UN SMK.

Salah satu perusahaan percetakan yang dipantau langsung oleh Mendikbud adalah PT. Temprina Media Grafika. Perusahaan yang berada di Surabaya ini mencetak naskah UN untuk delapan provinsi. Delapan provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Papua dan Papua Barat. Hingga hari ini, perusahaan ini telah selesai mencetak seluruh naskah UN SMA/SMK. “Semua sudah dikirim,” kata Mendikbud pada konferensi pers di Kantor Kemendikbud, Jumat (20/03/2015).

Selain PT. Temprina Media Grafika, Mendikbud juga memantau PT. Macananjaya Cemerlang yang mencetak naskah UN untuk Provinsi Bengkulu. Perusahaan percetakan yang berada di Klaten inipun sudah menyelesaikan tugas pencetakan naskah UN yang ditargetkan yaitu 127.900 eksemplar naskah UN dan SMA.

Dalam kesempatan tersebut Mendikbud juga meminta keterangan kepada para petugas monitoring yang melakukan pemantauan setiap hari. Petugas yang diwakili oleh staf Badan Penelitian dan Pengembangan Oky Adrian menjelaskan kepada Mendikbud apa saja yang menjadi fokus pantauannya. “Misalnya kalau ada di salah satu sisi ada kertas bertumpuk kita langsung kontak kepada percetakan maupun ke petugas kita yang ada di sana, meminta keterangan dari mereka,” kata Oky.

Mendikbud mengatakan, dengan monitoring yang melekat seperti ini bisa mengantisipasi jika ada potensi masalah. Tentu, kata dia, masalah sangat tidak diharapkan, tapi jika sampai ada potensi masalah bisa diketahui lebih awal dan bisa ditangani. “Sehingga tidak mengganggu pelaksanaan UN,” katanya. (Aline Rogeleonick/Sumber: portal kemdikbud/pengunggah: Erika Hutapea)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUMUMAN HASIL NILAI AKHIR UJIAN NASIONAL Th. AJARAN 2017-2018

SELAMAT ATAS KELULUSAN SISWA SISWI SMK NU 1 BUSTANUL ULUM GLAGAH LAMONGAN,





Untuk melihat daftar nilai Jurusan TKR dan TKJ silahkan klik DISINI

Sukses Diklat Pelatihan dan Uji Kompetensi Mesin CNC Dari UPT PPK Dindik jatim

Guna meningkatkan Kompetensi Siswa,  SMK NU I BUSTANUL ULUM  mengadakan Diklat Mesin CNC dengan Instruktur langsung dari UPT PPK Dinas Pendidikan Jawa Timur.

Suatu Terobosan baru dari UPT PPK Dinas Pendidikan Jawa Timur dengan memberikan Pelayanan Pelatihan Keliling SMK. sehingga diklat pelatihan ini dapat di laksanakan di sekolah masing-masing. karena biasanya diklat dilaksanakan di kantor UPT PPK Dinas Pendidikan Jawa Timur yang terletak di komplek UNESA Surabaya .Pelatihan dilaksanakan pada tanggal  23 s/d 28 April 2018 di SMK NU I BUSTANUL ULUM.

Kegiatan ini khusus untuk Siswa SMK NU I BUSTANUL ULUM Jurusan Teknik Pemesinan kelas X dan XI. Tampak Siswa Sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini.  "Kita Patut bersyukur karena pelatihan semacam ini hanya dilaksanakan hanya 10 SMK di jawa timur" ,ujar Bpk. Ja'far Amin, ST Selaku Kepala Sekolah SMK NU I BUSTANUL ULUM Glagah Lamongan saat upacara pembukaan pelatihan.(pak jay)












PALA SMK NU 1 BUSTANUL ULUM MENAKLUKKAN GUNUNG PENANGGUNGAN

Gunung Penanggungan merupakan gunung yang berada di Kabupaten Pasuruan dan Mojokerto Jawa Timur dengan ketinggian 1653 mdpl.

Sekitar 20an Siswa SMK NU 1 BUSTANUL ULUM datang dari Lamongan menuju Gunung Penanggungan untuk mendaki dan berwisata alam . dengan di dampingi oleh Guru pembina Tanfirul Ghoyyi.

Meskipun masih pertama kali , semua siswa tampak antusias untuk menaklukkan puncak gunung tersebut. Kegiatan pecinta alam ini rencananya akan di agendakan rutin dan menjadi salah satu extrakulikuler di SMK NU 1 BUSTANUL ULUM .(Kepsek.)



Upacara Pemberakatan di lepas langsung oleh Bpk Kepala Sekolah ( Ja'far Amin,ST).